Powered by Blogger.

Pages - Menu

Thursday, April 5, 2012

SEKUNTUM MELATI KASIH DARI UMRAH UNTUK PASKAH

Sore menjelang detik-detik masuk bersama Yesus dalam Perjamuan PenderitaanNya, Melati Kasih demikian aku biasa menyapanya sempat chatingan denganku. Di sela-sela chating, Melati Kasih yang sudah seperti saudariku, adikku ini mengungkapkan pengalaman perjalanannya waktu umrah di tanah suci beberapa pekan yang lalu. Baginya Umrah menorehkan pengalaman yang berkesan dan pesan yang membangkitkan semangat peduli, memberikan kekuatan iman untuk berubah. Bangkit dari kelalaian menuju perubahan atau pertobatan sejati. Yang paling berkesan dan membuatku berubah adalah waktu sholat 40 waktu di Madinah dan tawaf mengitari Ka’bah di Makkah. Aku sedih aja saat umrah, sedih menangisi diriku dan hidupku yang masih lalai dalam ibadah. Dan waktu Umrah mata hatiku dibuka untuk melihat berjuta umat memenuhi Masjid untuk ibadah, walau sedang sakit, cacat namun memiliki niat dan iman yang sangat kuat, kisah Melati Kasih.

Dari pengalamanku Umrah, kini kutemukan dan kumaknai Perayaan Paskah sebagai sebuah Inspirasi yang menguatkan imanku, terlebih menguatkan aku juga untuk berjuang karena bagiku Perayaan Paskah adalah Perayaan yang paling Sakral dalam hidup Yesus yang Wafat, namun Dia masih hidup di alam lain dan RuhNya masih bersemi di setiap hati manusia untuk bangkit menuju sebuah pertobatan dan perubahan cara dan semangat hidup.

Sebuah pengalaman iman yang indah seindah kembang Melati yang menebarkan aroma Kasih menyatu dalam satu untaian nama Melati Kasih datang menyapaku dalam sebuah kisah perjalanan Umrah, singkat namun kaya akan makna, sederhana namun membukakan mata hatiku sebagai PengikutNya yang merayakan Kebangkitan Yesus. Paskah menyadarkan aku akan kelalaianku dalam berdoa, menyadarkan aku akan kerapuhanku yang selalu jatuh dalam dosa, menyadarkan aku akan cacat celaku untuk Bangkit bersamaNya menuju sebuah perubahan semangat dan cara hidupku sebagai manusia baru yang harus kuat terhadap dosa, sakit dan cacat cela. Melati Kasih dalam ucapan Paskahnya buatku telah menebarkan aroma kasih yang menguatkan, menyadarkan aku akan Roh Kebangkitan Yesus yang menghidupkan dan menggerakan aku untuk bertobat sebagai pemaknaan Paskah dimana akupun bangkita bersama Dia untuk berjuang menguatkan yang lemah, meneguhkan yang menderita dan sakit, menopang yang cacat dan bersuara bersama mereka yang tertindas.

Paskah sejatinya adalah sebuah PERJUANGAN untuk bangkit bersamaNya melewati penderitaan, sakit karena dosa, sebuah PERJUANGAN untuk menjadi lebih baik sebagai manusia baru yang ikut membaharui sesama untuk bangkit dari keputusasaan, bangkit dari ketakutan untuk memperbaiki hidup dan bangkit untuk melawan setiap bentuk kelaliman dan penindasan. Sekuntum Melati Kasih dari Umrah mengucapkan Paskah untukku, untukmu dan untuk kita, artinya kitapun menjadi sekuntum Melati yang menebarkan aroma Kasih bagi Tuhan dan sesama dalam wujud pertobatan sejati dan perjuangan bersama mereka yang menderita, miskin, sakit dan tertindas agar merekapun bangkit menikmati aroma Melati Kasih dari Allah yaitu Keselamatan. Paskah adalah menghidupkan Ruh Yesus yang telah bersemi dengan menebar Kasih dalam Pertobatan sebagai manusia baru dan perjuangan kemanusiaan, demikian seberkas aroma Melati Kasih dari Umrah untuk Paskah kita. Selamat Paskah.

No comments:

Post a Comment