Powered by Blogger.

Pages - Menu

Wednesday, May 16, 2012

Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus

Pada masa2 sekarang ini, banyak umat beriman merasa bingung, sudah tidak tau lagi mana yang salah dan benar di masa kini. Banyak yang berpendapat bahwa semua yang mengaku pengikut Kristus Yesus adalah sama [saja]. Ini adalah pemahaman yang keliru.

Gereja Katolik adalah TUBUH KRISTUS.
Kristus adalah kepala dan gereja adalah Tubuh-Nya (Ef 5:23;Kol 1:8).

Kepala tidak sama dengan Tubuh tapi keduanya adalah satu.

Di Gereja Katolik lah Kristus diimani seperti yang dinginkan oleh Allah sendiri. Di sinilah Injil yang asli diwartakan dalam kepenuhannya. Tidak ada yang lain.

Gereja dan Kristus adalah satu, meskipun terbedakan. Mencoba memisahkan Gereja dengan Kristus dengan menaruh Gereja di bawah sangat tidak sesuai dengan iman Gereja.
Dan kalau kita baca lebih jauh di Kitab Suci ada dari antara umat yang sudah dilahirkan dari air dan Roh itu yang dikutuk oleh rasul Sto Paulus karena menganut ajaran yang berbeda (Gal 1:8) ada yang diusir karena melakukan kejahatan (1 Kor 5:13).

Akhirnya Yesus mendirikan Gereja-Nya di atas Kefas (Mat 16:18-19) dan kepada Kefas yang kita panggil sebagai Sto Petrus dan para paus penerusnya kepada siapa inilah dipercayakan penggembalaan semua domba-domba Kristus (Yoh 21:15-17).

Sementara Alkitab itu adalah Kitab Suci Gereja Katolik, Ia diinspirasikan oleh Roh Kudus dan diberikan pertama-tama kepada Gereja-Nya untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan melengkapi orang-orang pilihan Allah yaitu umat Katolik agar mereka dapat melakukan perbuatan baik (2 Tim 3:16-17).

Bukankah ketaatan total berarti harus pula menuruti ajaran yang diajarkannya? Kristus, sudah memberikan contoh ketaatan. Taat sampai mati. Yesus memang mengajarkan, utk taat kepada hirarki (Luk 10:16). Magisterium, Tradisi Suci, Kitab suci.

Dan ternyata disamping menolak ajaran para rasul tentang Sola Fide, Protestant, misalnya, juga menolak perintah Yesus sendiri untuk menganggap Roti sebagai Tubuh-Nya sendiri.

Sedangkan Gereja Orthodox, mereka tidak mengikuti perintah Yesus yang sudah mengangkat Sto Petrus sebagai gembala domba-domba-Nya (Mat 16:18-19; Yoh 21:15-17)

Jadi bagaimana mereka2 yang setengah-setengah ini bisa disebut pengikut Kristus YANG sejati?

Sekali lagi, Kristus adalah Kepala dan Gereja adalah Tubuh-Nya (Ef 5:23;Kol 1:8). Kepala tidak sama dengan Tubuh tapi keduanya adalah SATU. Tentu saja, ketidak-tahuan tidak mendatangkan dosa. Kalaupun tetap dihukum karena ketidak-tahuannya, hukuman yang diganjarkannya pasti tidak seberat yang diganjarkan kepada mereka2 yang tau. Dan Allah adalah Kasih. Tuhan adalah pencipta segalanya.
Semua orang diberi rahmat yang cukup untuk selamat.
Rahmat bagi dan untuk mereka cukup untuk keselamatan mereka (1Tim 2:4).

Gereja selalu mengajarkan Wahyu yang lama yang sudah diwariskan pada para Rasul (Apostolik). Alkitab lahir dari Bunda Gereja, bukan "milik" Protestant. Alkitab adalah milik Umat Kristus yang disusun dan dijaga oleh Bunda Gereja: Gereja Universal di bawah para paus penerus Sto Petrus.

Kita adalah Gereja yang Satu Kudus Katolik dan Apostolik. Inilah Gereja yang didirikan oleh Allah sendiri berkat pengorbanan Putranya yang Tunggal. None can compare.

"Selamat merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus!"

1 comment: